Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dengan Bantuan Teknologi AR
Assalamu'alaikum wr.wb.
Halo semua, Erfina di sini. Semoga semua sehat selalu, ya!
Kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang pembelajaran yang berpihak kepada siswa yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan bantuan teknologi augmented reality (AR). Pembelajaran ini dilakukan pada kelas 4 mapel IPAS materi Panca Indra. Mungkin ada yang bertanya-tanya, "emang panca indra ada di buku?". Jawabannya tidak ada. Namun, ada di CP Fase B. Dan sudah seharusnya, guru berpatokan pada CP 'kan? hehe..
Saat melakukan pembelajaran ini, saya merasakan siswa menjadi lebih semangat dan bahagia. Dan saya selalu meyakini bahwa selama siswa bahagia, maka tantangan belajar yang sulit pun akan mereka lakukan dengan sungguh-sungguh. Penggunaan teknologi AR yang membuat objek abstrak menjadi 3D juga dapat menghidupkan suasana kelas dan membuat pembelajaran lebih kontekstual bagi siswa. Untuk membaca lebih jelas tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan teknologi AR, silakan klik link di bawah ini.
Sebelum melakukan pembelajaran, guru harus menyusun modul ajar terlebih dahulu. Begitu pula saya, selaku guru kelas 4. Tetapi menyusun modul ajar sudah bukan hal yang rumit lagi bagi guru. Hal itu karena guru dapat mengunduh modul ajar di PMM. Sudah pernahkah mengunduh modul ajar di PMM? Jika belum, rekan guru bisa buka aplikasi PMM dan menelusuri modul ajar di fitur perangkat ajar. Silakan klik di bawah untuk contoh modul yang saya jadikan acuan untuk menyusun modul ajar di pembelajaran Panca Indra yang saya lakukan.
Nah, modul di atas, saya tidak gunakan begitu saja. Namun, saya melakukan penyesuaian sehingga saya kira lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan kelas saya. Berikut ini modul ajar yang sudah saya ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
Sekian sharing is caring hari ini, semoga bermanfaat untuk pembaca khususnya rekan guru yang membutuhkan ya! Terima kasih sudah membaca.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
#PembaTIK2023
#PembaTIKLevel4


No comments:
Post a Comment